5 Bahan Ini Bisa Hilangkan Panuaan

5 Bahan dapur dengan antioksidan tinggi, cocok untuk tangkal penuaan

Perawatan kecantikan itu tak harus mahal. Bahkan tak harus sulit dijangkau. Daripada menjalani perawatan dengan biaya selangit di salon atau spa dengan bahan-bahan yang sebenarnya bisa kita dapatkan dengan harga terjangkau, lebih baik rawat kulit di rumah. Dapur kita saja sebenarnya menyimpan banyak ‘harta karun’ kecantikan, termasuk bahan-bahan anti-aging dengan kandungan antioksidan tinggi. Berikut ini beberapa di antaranya, dilansir dari Boldsky.

Bubuk kunyit

Kandungan antioksidan bubuk kunyit disebut curcumin. Manfaatnya begitu besar dalam meremajakan dan merawat kulit yang menunjukkan gejala penuaan.

Konsumsi ramuan kunyit setiap hari disertai aplikasi topikal dalam bentuk masker bisa memberikan manfaat yang besar bagi kulit dan seluruh tubuh. Masker kunyit juga bisa digunakan untuk merawat kulit yang mengalami kerusakan karena terpapar sinar ultra violet.

Kentang

Kentang ternyata juga kaya akan antioksidan. Sayuran sumber karbohidrat ini dilengkapi dengan vitamin C yang lumayan tinggi pula. Gunakan masker kentang parut atau campurkan jus kentang segar dengan masker bubuk andalan. Irisan kentang juga efektif untuk mengompres mata yang sembab.

Kopi

Kopi mengandung senyawa antioksidan seperti asam caffeic, chlorogenic acid, eugenol, p-coumaric acid, scopoletin, gamma-tocopherol, isoeugenol dan asam coklat. Kandungan-kandungan ini bagus untuk kulit yang menua. Tambahkan bubuk kopi pada campuran masker atau gunakan air seduhannya sebagai penyegar kulit.

Teh hijau

Sudah bukan rahasia lagi kalau teh hijau merupakan sumber catechin yang baik untuk menangkal gejala penuaan. Selain cocok sebagai toner dan campuran masker, teh hijau juga baik dikonsumsi setiap hari.

Minyak biji anggur

Biji anggur mengandung proanthocyanidins dan minyak sehat yang baik untuk merawat kesehatan kulit dewasa. Biji anggur juga efektif untuk masalah kulit kritis seperti edema. Gunakan sebagai face oil setiap malam untuk hasil maksimal.

Apel

Apel mengandung sejumlah fitokimia yang tinggi seperti quercetin, catechin, phloridzin dan chlorogenic acid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Sisi baiknya, menyimpan apel dalam waktu yang lama tidak akan membuat kandungan antioksidan di dalamnya rusak. Konsumsi apel beserta kulitnya setiap hari dan sempurnakan dengan masker apel satu atau dua kali seminggu.

Itulah bahan-bahan dapur dengan kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk kulitmu.