Cek Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Yang Baru Di Bangun

Rumah memang menjadi salah satu kebutuhan utama setiap orang dalam masyarakat. Itulah sebabnya banyak perantau di kota-kota besar yang berharap dalam membeli rumah murah di Bekasi untuk tempat tinggal sebagai suatu pencapaian setelah mengadu nasib. Mereka berharap tidak lagi harus tinggal di rumah kontrakan atau kamar kost sehingga tidak perlu membayar tagihan sewa bulanan atau tahunan. Mengingat akan kebutuhan rumah menjadi kebutuhan yang pokok, membeli rumah perlu waspada dan berhati-hati mengingat harganya yang cukup tinggi dan tidak jarang ada oknum nakal yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dari penipuan pembelian rumah.

Sudah banyak kasus penipuan yang merugikan konsumen pembeli rumah atau properti.Tentu kamu tidak mau tertipu uang ratusan juta rupiah gara-gara melakukan kesalahan dalam pembelian rumah. Rumah tidak dapat, uang pun raib. Jangan biarkan kamu menjadi salah satu korban yang dirugikan! Bila kamu salah satu orang yang sedang berkeinginan untuk membeli rumah baru, mari simak ulasan berikut ini mengenai hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli rumah baru.

Lokasi

Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah lokasi dari calon tempat tinggal kamu. Biasanya, properti yang berada di lokasi yang baik, maka sudah dapat dipastikan bahwa harganya juga akan cepat berkembang.Faktor yang mempengaruhi baiknya sebuah lokasi adalah akses lokasi tersebut sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum, ketersediaan berbagai fasilitas umum, daerah yang aman dan terbebas dari banjir jika musim hujan datang. Ada baiknya kamu meninjau langsung lokasi dari rumah tersebut secara beberapa kali untuk memastikan berbagai hal. Lakukan survei seperti bertanya kepada penduduk sekitar rumah mengenai asal muasal tanah tersebut, apakah tanah tersebut merupakan bekas tanah persawahan atau rawa dan hal lain sebagainya.

Tanyakan juga mengenai sumber air bersih di lokasi tersebut, apakah menggunakan air tanah atau dari Perusahaan Air Minum (PAM). Ada baiknya jika lokasi yang akan tinggali tersebut dijangkau oleh jaringan pipa air minum karena jika lokasi tersebut dulunya adalah rawa maka air tanahnya tidak layak untuk diminum.

 

Track Record Pengembang

Jika kamu membeli rumah real estate, kamu perlu mengetahui informasi tetang pengembang perumahan yang sedang kamu minati. Usahakan untuk mempercayakan atau memilih pengembang yang sudah berpengalaman. Untuk pengembang yang baru, ada baiknya kamu sebagai konsumen tidak membeli rumah dalam bentuk gambar atau pre project selling. Setidaknya bangunan rumah sedang dalam tahap pembangunan sekurang-kurangnya 50% atau sudah siap huni.

 

Cek Perizinan

Sebagai konsumen yang bijak, sebaiknya kamu mengecek dokumen administrasi perizinan proyek perumahan. Tambahan informasi, seringkali terjadi sertifikat yang tidak kunjung selesai atau tidak kunjung diterima konsumen, padahal konsumen sudah melakukan pelunasan pembayaran. Hal ini dikarenakan sertifikat induknya belum dipecah oleh pihak pengembang dan masih diagunkan di bank. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk membeli rumah yang sertifikatnya sudah dipecah.

 

Spesifikasi Rumah

Tahukah kamu bahwa spesifikasi bangunan rumah murah di Bekasi menentukan baik buruknya kualitas bangunan? Jangan mudah percaya dengan brosur yang mencetak tentang spesifikasi rumah dan juga keterangan sekilas yang diberikan oleh pihak agen pemasaran. Bertanyalah sedetail mungkin kepada pengembang. kamu dapat mencatat berbagai hal penting dalam perbincangan kamu dan kamu pun dapat meminta tanda tangan atas informasi yang kamu dapatkan tersebut. Informasi pada kertas tersebut dapat menjadi pegangan kamu ketika melakukan transaksi sehingga bila ada hal-hal yang berbeda dengan perbincangan atau kesepakatan sebelumnya, kamu dapat menunjukkan buktinya.

 

Fasilitas

Fasilitas perumahan yang diberikan oleh pengembang sebetulnya ditanggung pembiayaannya oleh konsumen. Jadi, tidak heran jika fasilitas semakin bagus maka semakin mahal juga harga dari rumah tersebut. Oleh sebab itu, sebelum membeli rumah baru, pilihlah perumahan yang menawarkan fasilitas sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Biasanya dalam pembelian rumah, transaksi pembayaran dilakukan dengan menggunakan beberapa cara seperti tunai, tunai bertahap atau menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah atau yang biasa disebut KPR. Jika kamu menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, sebaiknya kamu perlu menunggu proses pembangunan agar diselesaikan hingga tahap 80%.Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami kerugian bila ada kelalaian dari pihak pengembang karena penyelesaian rumah yang tertunda. Berikut ini beberapa tips yang perlu menjadi perhatian kamu secara khusus ketika akan melakukan transaksi pembayaran

 

Pahami PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli)

kamu disarankan untuk tidak terburu-buru ketika akan menandatangani kontrak pemesanan sebelum kamu memahami draft PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli). Pahami setiap klausul dari setiap poin perjanjian di dalamnya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa di dalam PPJB, hak dan kewajiban pengembang dengan konsumen haruslah seimbang.

 

Periksa Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Izin Mendirikan Bangunan rumah murah di Bekasi merupakan hal yang pokok dalam mendirikan sebuah bangunan.Jika IMB ada, maka perizinan lainnya sudah dapat dipastikan juga beres. Para konsumen yang membeli rumah dengan cara KPR, sebaiknya memiliki salinan fotokopinya atau setidaknya mencatat nomor perizinan IMB-nya.

 

Itulah beberapa tips yang harus kamu ketahui ketika membeli rumah yang masih dibangun. Pantau selalu proses pembangunan yang terjadi, jangan sampai rumah tidak selesai tepat waktu.