Inidia Medan lava Eldhraun, Keindahan Lautan Karpet Hijau Raksasa

Keunikan medan lava Eldhraun, seperti lautan karpet hijau raksasa

Jika medan lava Eldhraun ada di Indonesia, mungkin tempat ini sudah diserbu pasukan selfie. Pasalnya, situs alam yang terbentuk karena erupsi vulkanik tersebut memang sangat Instagram-able.

Dilansir Amusing Planet, medan lava Eldhraun terletak di pesisir selatan Islandia. Berupa lahan luas dengan gundukan-gundukan batu sejauh mata memandang. Sesungguhnya ini adalah lahar yang membeku menjadi lautan bebatuan. Permukaannya tertutup lumut hijau, cukup menakjubkan jika dipandang dari kejauhan. Bagi beberapa orang mungkin malah terlihat seperti latar dalam film-film fiksi ilmiah.

Medan lava Eldhraun © Flickr/Andrés Nieto Porras

 

Medan lava Eldhraun terbentuk saat terjadinya salah satu letusan gunung berapi terdahsyat dalam sejarah. Adalah fisura Laki dan Gunung Grimsvotn yang berdampingan memuntahkan 14 kilometer kubik lahar selama 8 bulan dari tahun 1783 hingga 1784.

Medan lava Eldhraun © Flickr/Even Westvang

 

Letusan tersebut membunuh jutaan hewan ternak di Islandia. Tanah menjadi tandus, laut tak lagi menghasilkan ikan, dan bencana kelaparan menewaskan seperempat populasi manusia di sekitar daerah letusan. Dampaknya juga terasa hingga negara-negara tetangga, Amerika Utara, Mesir, dan India.

Lahar yang dimuntahkan kedua sumber vulkanik tersebut kini tak lagi berbahaya. Sudah berubah menjadi medan lava yang berselimut warna hijau, memudarkan sejarah kelam Eldhraun yang diwarnai kematian. Dan saat ini Eldhraun telah menjelma menjadi saksi bisu sebuah fenomena alam yang cukup megah untuk disaksikan.