Kulit kering bertanda 4 penyakit ini bersarang ditubuhmu

Kulit kering tanda 4 penyakit ini menyerang tubuhmu

Kulit kering biasanya kamu alami jika kamu lupa mengoleskan pelembap baik di wajah maupun badan. Namun setelah dioles atau kamu rajin mengoles, kulit masih saja kering dan gatal.

Menurut penelitian yang dilansir dari prevention.com, ternyata kulit kering bisa menjadi tanda awal dari penyakit berikut ini.

Diabetes
Saat kadar gula darahmu meningkat, tubuh akan kehilangan cairan juga secara cepat yang pada gilirannya bisa menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Selain itu, diabetes juga dapat mengganggu kemampuan tubuhmu untuk berkeringat secara normal. Kulit jadi kering dan retak sehingga bisa menjadi rentan terhadap bakteri yang mengonsumsi glukosa.

Kurang aktifnya kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang membuat sistem tubuh tetap berjalan dengan baik. Saat kadar hormon tiroidmu menjadi terlalu rendah atau hipotiroidisme maka sel-sel tubuh tidak bisa beregenerasi dengan baik, termasuk sel kulit. Hingga akhirnya kulit jadi kasar, kering, dan bersisik.

Penyakit ginjal
Penyakit ginjal mulai menyerang tubuhmu dengan ditandai munculnya rasa mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sering kencing, hingga kulit gatal. Rasa kulit gatal ini terjadi karena ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

Kanker kulit
Jika kulitmu kering dan kemudian muncul bercak tebal, kasar, dan berdarah ketika terbentuk atau tergores, maka bisa jadi itu adalah tanda dari karsinoma atau kanker kulit. Selain tanda tersebut, kanker kulit juga ditandai dengan munculnya luka terbuka.

Jadi, penyakit di atas adalah beberapa contoh penyakit yang muncul diawali dengan tanda kulit kering. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Leave a Reply