Mengenal fakta tentang asuransi kendaraan yang wajib tahu

Mengenal fakta asuransi kendaraan yang wajib diketahui

Perkembangan taraf hidup masyarakat modern yang semakin maju juga turut meningkatkan kebutuhan mereka. Misalnya aja peningkatan jumlah kendaraan baik mobil atau motor yang dimiliki untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Bertambahnya jumlah kendaraan juga berakibat semakin padatnya jalanan. Hal ini juga mempengaruhi angka kecelakaan yang semakin meningkat tiap tahunnya.

Anda mungkin sudah sangat berhati-hati sebagai pengguna jalan. Mulai dari mematuhi rambu lalu lintas, memperhatikan kecepatan, hingga menghormati pengendara lainnya. Tapi, kecelakaan tetap bisa terjadi karena keteledoran orang lain. Inilah yang membuat pentingnya perlindungan secara maksimal terhadap para pengendara di jalan.

Salah satu cara untuk melindungi diri secara maksimal bagi para pengendara yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki asuransi. Bagi pengendara mobil misalnya, dengan memiliki polis asuransi mobil, Anda bisa lebih siap dan tenang saat menghadapi berbagai risiko yang bisa menimpa saat sedang di jalan raya. Mengajukan asuransi sekarang tak perlu ribet lagi kok karena bisa dilakukan secara online. Misalnya saja dengan mengajukan asuransi kendaraan All Risk lewat situs cermati.com yang tentunya akan lebih mudah dibandingkan harus mengajukan secara langsung.

Bagi yang belum memiliki asuransi mobil, kenali dulu dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu All Risk dan Total Loss Only. Ingin tahu bedanya? Berikut fakta-fakta yang wajib diketahui!

Premi Asuransi
Premi asuransi adalah biaya yang mesti dibayarkan untuk pengalihan risiko yang kemungkinan bisa menimpa kendaraan kepada pihak yang mengeluarkan asuransi. Nilai premi yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi bisa berbeda-beda sesuai dengan ketentuannya masing-masing.

Meskipun menginginkan perlindungan terbaik untuk mobil yang dimiliki, tapi besaran premi tetap harus sesuai dengan kemampuan. Perhatikan nilai premi yang cukup murah dan memiliki daya cover pertanggungan asuransi yang cukup lengkap.

Pengaturan nilai premi asuransi di Indonesia diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan wilayah Indonesia dan kategori harga. Wilayah Indonesia 1 meliputi daerah pulau Sumatera, wilayah Indonesia 2 meliputi daerah Jabodetabek, Banten, dan kawasan Jawa Barat. Sedangkan wilayah Indonesia 3 meliputi daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, propinsi-propinsi yang ada di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua.

Asuransi All Risk memiliki nilai premi yang menjamin semua kerugian baik yang disebabkan oleh kecelakaan, pencurian kendaraan, hingga kerusakan mobil lain seperti terserempet kendaraan lain atau kejadian lain yang bisa menyebabkan kerusakan mobil. Contoh produk asuransi yang bisa menjadi referensi adalah asuransi all risk dari Adira.

Besaran nilai premi asuransi kendaraan sendiri sudah ditetapkan sesuai dengan ketentuan OJK pada tahun 2015. Asuransi TLO tentu saja memiliki nilai premi yang lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis All Risk. Nilai asuransi sendiri dihitung berdasarkan harga mobil. Asuransi TLO hanya melakukan coverage kerugian besar seperti kerugian akibat pencurian dan kerusakan parah akibat kecelakaan. Nilai preminya sendiri ditentukan sesuai dengan wilayah Indonesia.

Perlindungan yang Diberikan Pihak Asuransi
Jika Anda memilih asuransi All Risk, maka kerugian yang ditanggung adalah semua risiko yang kemungkinan bisa menimpa mobil yang dimiliki. Cover asuransi tidak akan menghitung seberapa besar nilai kerusakan atau kehilangan mobil yang dialami.

Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan cakupan perlindungan atas kerugian yang mungkin hanya sebagian atau keseluruhan mobil yang mungkin dialami. Misalnya seperti tertimpa benda berat, kebakaran, pencurian, perbuatan jahat oknum yang tidak bertanggung jawab, tabrakan, dan berbagai kecelakaan lalu lintas lainnya.

Ada juga perluasan jaminan yang dicover asuransi All Risk yang meliputi kerusakan karena banjir, kerusakan karena terperangkap aksi huru-hara, atau kehilangan kendaraan. Asuransi All Risk juga memberikan pertanggungjawaban pihak ketiga jika Anda sebagai pengendara mobil menabrak kendaraan lain. Contoh asuransi yang memberikan perluasan ini adalah asuransi kendaraan Garda Oto dari Astra.

Sementara itu, asuransi TLO hanya akan menjamin riisko kehilangan atau kerusakan pada kendaraan dengan minimal kerusakan sebesar 75% sehingga kendaraan tidak dapat digunakan lagi. Pihak perusahaan hanya memberikan penggantian biaya perbaikan jika ditemui kerusakan parah, tapi sama sekali tidak meng-cover bila yang ditemui kerusakan kecil kurang dari 75%.

Cakupan perlindungan yang tidak menyeluruh inilah yang membuat nilai premi asuransi TLO tidak sebesar All Risk. Tapi, jika memang budget yang dimiliki tidak terlalu besar, asuransi TLO bisa menjadi pilihan dengan catatan tetap berhati-hati selama berkendara,

Itu tadi beberapa fakta tentang asuransi kendaraan yang wajib diketahui. Pastikan pilih jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Leave a Reply