Seperti Apa Perkembangan Bayi 6 Bulan yang Normal? Cek di Sini!

Rasanya waktu berjalan sangat cepat jika Anda memiliki bayi. Seperti baru sekejap mata, eh, ternyata sudah enam bulan saja. Tapi, tahukah Anda seperti apa perkembangan bayi 6 bulan yang normal? Bayi 6 bulan biasanya sudah bisa melakukan berbagai hal. Jika Anda mau tahu, Anda bisa melihat apa saja perkembangan bayi yang telah berusia 6 bulan.

perkembangan bayi saat berumur 6 bulan

  1. Berat Badan

Untuk beberapa bulan awal kehidupannya, umumnya bayi bertambah antara 600 gram hingga 1,5 kg per bulannya. Berat badan bayi yang sudah berumur 6 bulan umumnya berkisar dua kali berat badan ketika lahir. Pertambahan berat badan bayi baru melambat di enam bulan keduanya, hanya sekitar 500 gram saja.

  1. Kemampuan Motorik Kasar

Di usia 6 bulan, umumnya bayi sudah bisa duduk sendiri. Awalnya mereka memang menggunakan lengan sebagai tumpuan. Tapi, seiring berjalannya waktu, mereka bisa melakukannya tanpa topangan tangan. Jika belum, Anda bisa membantunya dengan sesekali memangkunya.

Pada usia ini bayi juga sudah bisa tengkurap dan telentang sendiri. Bahkan, pada kebanyakan bayi, mereka sudah bisa menggeser tubuh mereka maju dan mundur dengan mendorong lantai. Untuk membantu tumbuh kembangnya, Anda bisa membiarkannya berekpresi sendiri dengan meletakkannya di matras. Jangan terlalu sering digendong atau ditaruh di stoller.

  1. Kemampuan Motorik Halus

Setelah kemampuan motorik kasarnya yang terlihat, motorik halus juga akan ikut berkembang. Bayi telah bisa menggunakan tangan dan kakinya untuk memukul, menendang atau menggoncangkan benda, sekarang giliran jemarinya yang bekerja. Umumnya, perkembangan bayi umur 6 bulan atau lebih sudah bisa menggunakan jemarinya untuk menggenggam benda-benda kecil.

Kemampuan motorik ini sebenarnya bagi setiap bayi berbeda-beda. Ada bayi yang lebih tertarik mengembangkan motorik kasarnya daripada motorik halusnya. Mereka lebih senang telungkup, telentang atau mulai merangkak. Anda tak bisa membanding-bandingkan bayi Anda dengan bayi orang lain, ya!

  1. Waktu Tidur

Kebanyakan bayi yang telah berumur enam bulan rata-rata telah bisa tidur 6-8 jam setiap kalinya. Oleh sebab mereka sudah bisa berguling, Anda jangan kaget jika menemukan mereka tertidur dalam keadaan tengkurap. Tak masalah, Anda bisa membenarkannya jika keadaan tersebut kira-kira membahayakan semisal hidung bayi tertutupi.

Untuk usia ini, risiko terkena sindroma kematian bayi mendadak atau SIDS telah jauh berkurang dibanding baru dilahirkan. Penyebab utama bayi mengalami sindrom ini biasanya sesak napas atau kekurangan oksigen karena tidur menelungkup. Oleh sebab itu, Anda tetap harus memperhatikan posisi bayi Anda ketika mereka tertidur, ya!

  1. Kemampuan Makan

Bayi umur 6 bulan sudah siap untuk diberikan makanan pendamping ASI. Anda bisa memulainya dengan memberi bubur dengan tekstur lembut atau buah-buahan yang mudah dicerna seperti pisang. Sebelum itu, Anda harus memastikan mereka tidak alergi pada makanan yang Anda berikan.

Caranya, cukup berikan makanan itu secara berkala selama empat hingga tujuh hari lamanya dan lihat reaksinya. Jika tak terjadi apa-apa, berarti mereka bisa menerimanya. Bila Anda ingin memberikan makanan baru pada mereka, Anda juga harus menggunakan cara demikian.

Hindari juga penggunaan garam, gula dan MSG pada makanan bayi karena mereka belum bisa menerimanya. Garam dikhawatirkan bisa berbahaya bagi ginjal si bayi sedangkan gula berisiko membuatnya mengalami kerusakan gigi. MSG malah lebih berbahaya karena kandungan bahan pengawetnya.

  1. Kemampuan Komunikasi

Biasanya, bayi yang telah berumur 6 bulan sudah bisa tersenyum, tertawa atau berceloteh. Mereka mungkin sudah bisa mengucapkan beberapa kata yang sulit dimengerti seperti ‘mamama’ atau ‘dadada’. Meski belum bisa dimengerti, sebaiknya Anda tetap merespon ucapan mereka.

Ada baiknya Anda mulai memperkenalkan mereka dengan dongeng atau buku cerita lain. Mereka memang belum bisa mengerti, tapi membacakan dongeng bisa merangsang mereka untuk lebih cepat mengerti.

Bayi umur 6 bulan biasanya juga sudah bisa mengenali siapa saja orang yang ada di sekitarnya. Mereka akan merasa nyaman dengan orang dan benda yang sering bersamanya seperti mama, papa, nenek atau mainannya sendiri. Mereka bahkan sudah bisa meminta sesuatu seperti minta digendong dengan cara mengangkat kedua tangan.

Memiliki bayi memang gampang-gampang susah. Anda harus menjaganya dengan sangat hati-hati dan terus memantau perkembangannya. Perkembangan bayi berumur 6 bulan di atas bisa jadi acuan Anda untuk melihat perkembangan buah hati Anda. Tapi ingat, Anda tak boleh membanding-bandingkan si kecil dengan bayi orang lain, ya! Mereka semua istimewa, lho!